Alur Proses Produksi

Contoh: pada iklan ada 3 tahap produksi, yaitu
1. Pre Production
2. Production
3. Pasca Production

Pre-Production (sebelum produksi)

Pada prinsipnya proses ini merupakan proses penuangan ide (proposal) produk, perencanaan produk, perencanaan proses produksi, penyusunan dokumentasi, penyusunan tim, membangun prototype (merencanakan alat-alatnya), pengurusan hak cipta dan penandatanganan kontrak dan biaya.

Production (saat produksi)

Pembuatan program atau software yang diperlukan, mengintegrasikan content dan software, merevisi desain membangun alpha version (hampir semua fungsi produk sudah dibangun diimplementasikan dan diintegrasikan), pengujian awal produk, mengevaluasi produk dan merevisi software dan content berdasarkan hasil evaluasi dan membangun Beta Version (semua fungsi produk sudah dibangun diimplementasikan dan diintegrasikan tetapi belum diuji secara lengkap).

Pasca Production (setelah produksi)

Dimana diagram alirnya mengevaluasikan dan merevisi software dan content berdasarkan pada hasil pengujian versi beta, merilis Golden Master (final product) dari produk multimedia dan menyimpan semua material yang dipakai dalam proses produksi. Produk dengan tahan Golden Master ini yang kan dipasarkan, dipublikasikan melalui multimedia communicating

Leave a comment